Karimunjawa (6-8 April 2012)

Seorang sahabat, sebut saja dia Mangga mengajak saya untuk berlibur ke Karimunjawa long weekend 6-8 April 2012. Mendenger Karimunjawa sebenarnya saya males juga, karena dalam hati sudah mengatakan: “ah pasti gagal lagi..” Ya, sudah beberapa kali sebenarnya berencana kesana tapi selalu gagal. Kalau dihitung-hitung ada 4x rencana gagal kesana.

Mangga mencari informasi tentang trip kesana, didapatkan sebuah travel agent bernama EXPLORE SOLO yang memberikan penawaran ke Karimunjawa selama 3H2M dengan harga Rp. 575ribu. Aku mengajak seorang sahabat lagi, yaitu Rimbun. Dengan usaha cukup keras dan rayuan maut untukย  mengajaknya, akhirnya hatinya luluh juga hehe..

Rencana kali ini sebenarnya juga hampir gagal, kenapa demikian? begini ceritanya:

1. Saya ditugaskan kantor untuk ke melakukan sosialisasi di Surabaya hari Minggu tanggal 8 April 2012 jam 16.00 sampai dengan hari Selasa tgl 10 April 2012. Nah loh, sedangkan saya lihat di itinerary, perjalanan karimunjawa akan selesai di hari Minggu di jam yang sama, 16:00! Sekali lagi saya “tarik nafas.. hembuskan..” Untuk perkerjaan saya ga bisa main-main. Urusan kantor tetap nomer 1. pfft. Setelah bilang ke teman-teman bahwa saya gabisa ikut dan saya merencanakan untuk pulang kampung ke Malang saja, ternyata tugas saya tersebut dibatalkan dengan alasan “Jaga Kandang”. Alhamdulillah, rencana Karjaw tetap jadi!
  2. Nah, karena saya kira gajadi ke Karjaw saya belum cari tiket bis sampai akhirnya H-1 saya mendapatkan tiket bis Nusantara (Jepara-Jakarta, Rp 120Rb) dan J-9 saya mendapatkan tiket Muji Jaya (Jakarta-Jepara Rp 160Rb). J-9 disini maksudnya 9 jam sebelum berangkat. Ya, 9 jam sebelum berangkat saya baru mendapatkan tiket. Sekali lagi, Alhamdulillah, Karimunjawa semakin di depan mata.

Muji Jaya berangkat jam 19:00 dari Rawamangun dan tiba di Terminal Jepara jam 09.30. Saya menumpang mandi dan sarapan ke sahabat saya yang bekerja di Jepara, Onice.. Hehe, thanks udang goreng tepung and sayur bayemnya niceee.. *padahal masakan itu dibuat untuk suaminya, kikikik*

Mangga dan Rimbun yang sudah terlebih dahulu sampai di Jepara menunggu di dermaga keberangkatan. Kapal yang kami tumpangi adalah Bahari Express yang membawa kami ke Karimunjawa selama 2 jam. Saya melihat harga kapal tersebut sebesar Rp 135.000 PP. Kapal tersebut baru beroperasi dari Jepara-Karjaw dari Bulan Maret 2012, sehingga lumayan kita tidak perlu memakai KMP Muria yang memakan waktu selama 6 Jam ke Karjaw walaupun dengan harga Rp 12.000.

Kami bergabung dengan peserta lainnya selama tour bersama explore solo, terdiri dari 6 orang dari Jakarta (Gita, Agus, Vitri, Andra, Adam, dan Igo) dan 1 orang dari Jepara (Topan).

awal pertemuan di dermaga

Kapal Bahari Express nya baru diberangkatkan sekitar pukul 15.00 (jadwal seharusnya 14.00) maka kami tiba di Karjaw sekitar pukul 17.00. Mas Jane tour leader kami langsung mengajak kami hunting sunset. Hmm, hasil potretan mas jane saya kasi 5 jempol deh! saya-pun mencoba belajar memotret darinya *walo masih cupu*

sunset dari balik jendela kapal ekspres bahari

Malamnya kami berjalan-jalan di Alun-alun Karjaw. Saya melihat dari kejauhan ada BRI Unit + ATM BRI disini, satu-satunya Bank yang ada di Karjaw!! *bangga* :p Saat malam, di Alun-alun Karjaw banyak orang berjualan makanan, mulai dari bakso, siomay, ikan bakar…slurrps sayapun menelan ludah melihat makanan-makanan ituuu..

satu2nya Bank yg ada di Karjaw :p

Keesokan harinya kami mulai bangun pukul 04.30, rencana pagi ini adalah hunting sunrise di Pantai Nirwana. Pantai ini terletak disebuah resort di Karjaw sehingga untuk masuk ke pantai tersebut harus membayar Rp 15.000. Pantai Nirwana menurut saya hampir sama dengan Pantai Tanjung Tinggi di Belitung. Banyak batu-batu granit besar di tepi pantai. Namun, masih kalah indah dibanding Pantai Tanjung Tinggi sih..๐Ÿ™‚ Memandang matahari terbit dari ufuk timur timbul dari lautan luas di ujung sana membuat saya terkagum-kagum betapa indahnya perpaduan warna antara langit kemerahan dan laut biru.. Udara pantai pagi yang segar membuat hati terasa adem.. ahh i love beach!

pantai nirwana

Setelah hunting sunrise, akhirnya saat yang ditunggu-tunggu datang juga, SNORKELING!!! Ada 3 pulau yang akan dikunjungi hari ini:

• Pulau Gosong
pulau gosong

Pulau Gosong ini hanyalah sebuah pulau pasir berukuran sekitar 5×8 meter di tengah-tengah lautan luas.. Pulau ini akan tenggelam apabila air laut sedang pasang..

• Pulau Kecil
underwater-nya pulau kecil

Nah, kalo di Pulau Gosong kita hanya mampir buat foto-foto dan “numpang pipis” di Pulau Kecil ini kita mulai bersnorkeling riaa.. Alhamdulillah cuaca mendukung, air laut tenang sehingga snorkeling pun berjalan riang #ceila. Terumbu karangnya memang luar biasa bagus, tak kalah dengan yg pernah saya lihat di bawah laut kepulauan seribu, bali bahkan belitung.. namun ikan-ikan disini sedikit banget ya.. jarang ditemukan ikan nemo yg kalo nyebur di kep.seribu bakal melihat ikan-ikan tersebut. Disini kita juga melakukan sesi pemotretan underwater. SERU!๐Ÿ™‚

• Pulau Tengah
makan siang di pulau tengah

Setelah puas main snorkeling di Pulau Kecil, kami menuju spot di pulau Tengah. Di Pulau Tengah ikan-nya lebih banyak dibanding yg ada di Pulau Kecil, ada yang mirip dengan burung kakak tua juga! Kemudian kami istirahat dan makan siang di Pulau Tengah, sudah tentu ikan-ikan besar dibakar untuk disantap. slurp maknyus!

• Pulau Menjangan Kecil
penangkaran hiu

Disini kami menguji nyali kami berenang bersama sang hiu!! ya, HIU!! tapi lah kok hiunya lebih malu-malu dibandingkan kami yang malu-maluin๐Ÿ˜›. Disini juga terdapat cottage yang terletak di atas laut..huu membayangkan kalau honeymoon disini.. #eaa

Selesai bermain kami kembali ke homestay dan hunting sunset di dermaga, indah sekali senja di karimunjawa.. Malamnya Imu dan Mangga memalak saya di Amore, baiklah..๐Ÿ˜€

menjangan besar

Jadwal hari kedua masih sama yaitu Snorkeling di sekitaranย  dan ke penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar! Siangnya kami harus kembali ke homestay utk siap-siap check out dan kembali ke Jepara dengan express Bahari pukul 14:00.

Bis Nusantara membawa saya kembali ke Jakarta selama 17ย  jam, perjalanan ini memang melelahkan namun rasa lelah itu hilang begitu melihat hasil foto lebih dari 8 GB di kamera saya..๐Ÿ™‚