Sisi Lain Yogyakarta

Yogyakarta itu ga cuma Malioboro, Candi Prambanan atau Borobudur aja lho, masih banyak sekali tempat wisata yang sebenarnya dapat dikunjungi. Mbak Ira (kakak saya) yang suaminya aseli Yogyakarta, merekomendasi saya sebuah website, yaitu kratonpedia.com dan http://kalibiru.blogspot.com/ . Disitu kita dapat baca tempat2 wisata lainnya di Yogyakarta yang dapat dikunjungi, antara lain sebagai berikut:

1. Caving Luweng Grubug

Caving Luweng Grubug

Caving Luweng Grubug

Caving Luweng Grubug

Caving Luweng Grubug

Caving Luweng Grubug

Caving Luweng Grubug

Caving Luweng Grubug terletak 60 Km dari pusat kota Yogyakarta, yaitu di Luweng Grubug, Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat ini menawarkan ekowisata dan petualangan yang terdiri dari hutan purba, gua vertikal Luweng Jomblang sedalam 60 meter, Luweng Grubug sedalam 90 meter, gua horisontal sejauh 300 meter, serta sungai bawah tanah!!! Sepertinya salah satu wisata yang dapat memacu adrenalin namun tetap memberikan pemandangan alam yang menarik! Tempat wisata ini juga salah satu tempat yang pernah masuk dalam acara The Amazing Race!

2. Goa Pindul

Goa Pindul

Goa Pindul

Goa Pindul

Goa Pindul

Goa Pindul

Goa Pindul

Goa Pindul terletak di Desa Beji, kecamatan Karang mojo, Kabupaten Gunungkidul, kira-kira 10 km dari kota Wonosari (ibukota Gunungkidul), perjalanan dari Yogya ditempuh sekitar 1,5 jam.  Pengelolaan wisata ini diserahkan kepada penduduk desa setempat, tarifnya cukup murah yaitu Rp 30.000,- untuk menyusuri Goa Pindul (+ Goa Gelatik) dan Rp 75.000,- untuk menyusuri Goa dan sungai Oyo. Tarif ini sudah termasuk untuk Pemandu (setiap 2-3 orang dengan 1 pemandu), Ban, alat pelampung, sepatu, helm, Bakso, Teh/Teh Rasela serta Degan (kelapa Hijau).

Goa Pindul dibagi menjadi 3 zona, yaitu zona terang, remang dan gelap abadi. Goa Pindul sendiri dialiri air (sungai bawah tanah) dari mata air sumber, sehingga untuk menjelajah goa harus berenang dengan menggunakan pelampung atau ban karet. hmm, berarti seperti body rafting, seru juga!

3. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Dari Kota Yogyakarta, lokasi air terjun Sri Gethuk berjarak kurang lebih sekitar 41 kilometer. Untuk mencapainya, wisatawan bisa mengiktu Jalan Wonosari dari pertigaan Gading belok kiri menuju Playen. Lalu carilah jalan yang menuju ke Paliyan, dari situ Sri Gethuk hanya berjarak 1,5 kilometer. Perjalanan menyusuri Sungai Oyo sampai ke muara Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu daya tarik untuk wisatawan coba dengan perahu. Harga sewa perahu yang ditawarkan untuk satu orang adalah Rp5.000 dan tiket masuk ke air terjun sekitar Rp3.000. Dahulu Air terjun Sri Gethuk dikenal warga dengan sebutan Air Terjun Slempret. Di sekitar Air Terjun Sri Gethuk juga ada Goa Rancang Kencana dan situs purbakala yang terletak di sekitar Dusun Menggoran, Desa Bleberan Playen, Yogyakarta.

4. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti terletak di kawasan pantai Sundak kecamatan Tepus kabupaten Gunungkidul. Pantai berpasir putih yang menghampar dari Timur hingga Barat ini terbilang baru dan cukup indah. Selain indah, kawasan pantai ini cukup bersih, karena pengelola pantai ini mengenakan denda pada setiap pengunjungnya apabila ketahuan membuang sampah sembarangan. Pengelola pantai menyediakan beberapa buah jetsky yang bisa disewa para pengunjung pantai untuk menikmati keindahan pantai. Di bagian Barat dari pintu masuk pantai, terdapat gunungan batu karang yang cukup besar dan  elok. Dibalik batu karang tersebut terdapat pantai berpasir putih yang cukup luas. Lelah bermain air dan berjemur, pengunjung dapat beristirahat di gazebo yang ada di tepian pantai sembari menikmati hidangan makanan ditemani minuman dingin yang menyejukkan.

Siapa yang ga makin cinta sama Yogyakarta kalo begini? 😀