Kebun Raya Cibodas

Sabtu, 9 Juni 2012.

Menikmati udara segar, melihat pemandangan alam yang hijau dan jauh dari keriuhan ibukota menjadi tujuan traveling hari ini. Bersama teman gila: Reza dan Defi, aku merencanakan perjalanan kali ini. Sebelumnya kami juga pernah melakukan perjalanan bersama ke Green Canyon, namun tujuan kami sekarang adalah KEBUN RAYA CIBODAS.

Menurut info yang kudapat dari mas Google, Kebun Raya Cibodas terletak di Kawasan Gunung Gede Pangrango, Cianjur. Untuk menuju kesana kami menggunakan bis Marita dengan tujuan Cianjur seharga Rp. 15.000. Perjalanan dari Terminal Kampung Rambutan memakan waktu hampir 4 jam, karena terjadi kemacetan di kawasan Puncak. Sampai dipertigaan Cibodas, kami melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot, ongkosnya Rp 3000. Hampir 15 menit dengan angkot akhirnya kami tiba di Kebun Raya Cibodas, udara segar, suasana berkabut dan pemandangan hijau segera menyergap kami. Inilah yang tidak pernah kudapat selama di ibukota.

searah jarum jam: 1. meeting point (halte busway kp rambutan)                  2. teman traveling kali ini (eja & defi) 3. Bis Marita tujuan Cianjur 4. Duduk manis di dalam bis

Sebelum masuk, kami sempat membeli makanan ringan seperti tempe goreng, bayem goreng dll untuk dimakan selama perjalanan nantinya hoho. Harga tiket masuk Kebon Raya Cibodas sebesar Rp 6000 saja. Didalam terdapat petunjuk arah lokasi-lokasi kebun yang dapat dituju, misalnya kebun sakura, taman lumut, air terjun, kolam besar, taman bermain dan lain-lain. Kami berjalan kaki untuk menuju ketempat-tempat tersebut. FYI, jalanannya naik turun kanan kiri berkelok-kelok, lumayanlah buat olahraga sedikit. haha

kebun raya cibodas

Kami menanyakan dimana itu kebun sakura kepada seorang pedagang minuman di sana, “ini mas kebun sakuranya…” sambil menunjuk kebun yang baru saja kami lewati. Tiba-tiba hening dan tiba-tiba ada jangkrik lewat. krik krik.  “Inikah kebun sakuranya? apa bagusnya?” aku berkata dalam hati, yang akhirnya diamini oleh Reza. “kalo ini sih apa bedanya sama Kebun Raya Purwodadi, tidak seindah yang terlihat di internet.” katanya.

Untungnya perjalanan ini dilakukan bersama orang-orang gila, jadinya tidak terlalu “kraus2 (baca:garing)” Reza terus membuat kelucuan yang membuat aku dan Defi tertawa. Memang tingkah laku temanku yang satu ini bisa dibilang ajaib😀

Bosan dengan Kebun Raya Cibodas, kami memutuskan untuk jalan-jalan ke Kebun Teh di daerah Puncak. Dengan naik angkot 2 kali ganti kami akhirnya sampai di tujuan. Sepanjang mata memandang hanya warna hijau yang terlihat. Sambil menikmati pemandangan, kami menuju ke atas tempat Paralayang. Kita bisa naik Paralayang ini cukup dengan mengeluarkan kocek Rp 300.000, Sebenarnya pengen sekali tapi karena cuaca lagi tidak mendukung maka wahana sedang ditutup untuk sementara waktu, cedih cekali😦

kebun teh puncak

Setelah puas berkejar-kejaran ala film bollywood di kebun teh, kami memutuskan untuk kembali ke Jakarta. Dengan menggunakan angkot kami sempat mampir telebih dahulu ke Cimory Kimochi ;;) untuk membeli susu. Hebatnya Reza dia menghabiskan 3 botol susu dalam sekejap. Luaaaar biasa…

mampir ke cimory

Pulangnya kami memutuskan untuk menggunakan KRL AC dari Stasiun Bogor (Rp 7000). Perjalanan menggunakan KRL jauh lebih nyaman dan cepat dibandingkan dengan menggunakan bis. Perjalanan ke Jakara hanya ditempuh dalam 1 jam saja.

stasiun bogor & KRL yang membawa kami kembali ke Jakarta

Akhirnya kami berpisah, Reza turun di Stasiun Pasar Minggu, saya di Stasiun Karet dan Defi di Stasiun Tanah Abang. Sampai jumpa lagi diperjalanan lainnya teman-teman🙂

footnote: kalau naik KRL, tiket harus ditunjukkan pd petugas saat mau keluar stasiun. Karena tiketku dibawa Defi, dengan wajah memelas aku bilang sama petugas kalo tiketnya dibawa teman. Untung saja petugas tersebut dapat melihat kejujuran di mata ini. Akhirnya aku keluar dengan selamat, alhamdu..lillah..😀